November 02, 2012

Bau dan Kenangan



Bagaimana mungkin sebuah bau mampu memerangkap kenangan? Maksudnya di sini bau yang sedap ya, bukan bau-bau lain yang hanya jadi polusi udara.

Kemarin, di sebuah acara saya mencium aroma wangi tertentu. Lalu seketika terbayang masa SMP saya. Kenapa? Karena wangi yang saya cium beberapa saat itu, adalah wangi yang saya ingat dari kawan, semasa masih SMP dulu.

Saya jadi berpikir, ternyata bau bisa membranding seseorang, atau melekatkan ingatan kita pada sesorang. Seperti kejadian tadi. Juga di kali lain, saat saya tak sengaja membau aroma wangi manis, meski hanya sekelebat di jalan raya, mengingatkan saya pada kakak kelas gebetan (aseek :D) saat masih SMA dulu. Seketika menyentakkan ingatan saya pada pemuda ceking nan hitam manis, dengan senyum menawan dan rambut yang selalu basah di setiap kesempatan (ah, noraknya al!). sepertinya cinta monyet ini juga berawal dari bau. Ah, betapa wangi parfum bisa membuat jatuh cinta. Maka tak heran jika iklan axe dibuat sedemikian rupa, menarik perhatian para angel dari langit untuk rela turun ke bumi.

Ini bukan mengenai wangi parfum yang mencerminkan status sosial seseorang (konon katanya sih begitu, parfum sudah menjadi gaya hidup dan mewakili status sosial tertentu). Melainkan mengenai bagaimana kekuatan sebuah bau. Makanya tak heran jika kadang ada jenis orang yang pergi kemapun harus membawa serta sebuah barang dari rumahnya, agar tetap bau rumah. Salah satunya saya. Saya juga membawa sarung bapak dulu pas mulai kos sampe selesai hanya demi ingin merasakan terus bau bapak. Padahal, saya sadar pasti itu juga cuma sugesti semata.

Dan bagi saya, sebuah bau parfum mampu membuka lembaran-lembaran kenangan yang sudah lalu.

Bau-bau tertentu mengingatkan kembali pada memori-memori yang tidak sengaja terwakili oleh bau itu. Seperti saat saya sekejap memasuki kamar alamarhum mbah putri saya. Bau mbah putri yang khas bertebaran lagi, seolah mbah putri itu masih ada di sekitar situ. Ini bukan pula membicarakan hal mistis lho. Tapi betapa sebuah bau bisa menjadi “brand recognition” sosok tertentu. Berlebihahankah? Tidak, saya kira semua orang pasti pernah merasakan hal serupa.

Lalu, saat pacar saya menyuruh membeli parfum yang biasa dia pakai hanya gara-gara tiap kami akan berpisah lama saya selalu minta ditinggali baunya dengan minta semprotan banyak-banyak dari parfumnya ke jaket atau selimut yang saya pakai tidur. Konyol ya. Berlebihan. Entahlah, rasa-rasanya saya seolah terpedaya oleh sebuah bau!!


*gambar dari sini

4 komentar:

  1. Sangat menyukai kisah ttg bau ini, saya juga memiliki pengalaman yg kurang lebih sama. Bau memang terbukti mampu memicu kenangan tentang sesuatu atau seseorang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi benar kan
      soalnya saya sering begitu :)

      Hapus
  2. Saya pernah menonton film Perancis yg diangkat dari sebuah buku berjudul "Perfume: Story of Murderer" karya Patrick Suskind.
    Film "gila" itu membuat saya jadi percaya, Bau memiliki kekuatan tersendiri. Bahkan kekuatan yg bisa mengubah dunia.

    Jadi, saya satu suara dengan artikel ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun pernah. keinget juga film itu pas nulis ini

      ngeri aku nonton filmnya. si tokohnya "sakit" kalo kubilang

      Hapus